Minggu, 06 Januari 2013

Farmakologi

Untuk profesi yang berkecimpung di dunia kesehatan, pasti tak canggung lagi dengan istilah "Farmakologi" dimana hampir semua Lembaga Pendidikan membahas pelajaran ini, baik itu keperawatan, kedokteran, kesehatan masyarakat serta yang banyak pembahasannya oleh Pendidikan Farmasi sendiri baik itu di tingkat SLTA ( SAA/SMF), Diploma maupun Stratanya .

Farmakologi berasal dari kata “pharmacon” (obat) dan logos (ilmu pengetahuan), sehingga secara harapiah farmakologi berarti ilmu pengetahuan tentang obat. Namun, secara umum farmakologi di definisikan sebagai ilmu yang mempelajari obat dan cara kerjanya pada system biologi. Disamping itu juga mempelajari asal-usul (sumber) obat, sifat fisika-kimia, cara pembuatan, efek biokimiawi dan fisiologi yang dtimbulkan, nasib obat dalam tubuh, dan kegunaan obat dalam terapi.

Farmakologi atau yang bisa disebut dengan “ ilmu khasiat obat “ adalah merupakan ilmu yang mempelajari pengetahuan obat dalam seluruh aspeknya baik sifat kimiawinya, fisikanya, kegiatan fisiologi, resorpsi dan nasibnya dalam organisme hidup.
Farmakologi Klinik menyelidiki semua interaksi antara obat dan tubuh serta penggunaannya pada pengobatan penyakit.
Farmalogi mencakup ilmu :
  1. FarmakognosisMempelajari pengetahuan dan pengenalan obat yang bersal dari tanaman dan zat zat aktifnya yang berasal dari mineral dan hewan.
  2. BiofarmasiMeniliti pengaruh formulasi obat terhadap efek terapeutiknya. Dengan kata lain dalam bentuk sediaan apa obat harus di buat agar menghasilkan efek yang optimal.
  3. FarmakokinetikaMeniliti perjalanan obat mulai dari saat pemberiannya, bagaimana absorpsi dari usus, transport dalam darah, dan distribusinya ketempat kerjanya dan jaringan yang lain.
  4. FarmakodinamikaMempelajari kegiatan obat terhadap organism hduo terutama cara dan mekanisme kerjanya, reaksi fisiologi, serta efek terapi yang ditimbulkannya.
  5. ToksikolgiPengetahuan tentang efek racun dar obat terhadap tubuh dan sebetulnya termasuk pula dalam kelompok farmakodinamika, karena efek terapi obat berhubungan erat dengan efek toksiknya.
  6. FarmakoterapiMempelajari pengguanaan obat untuk mengobati penyakit atau gejalanya.
Sedangkan pengertian Farmakologi (menurut Wikipedia) adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan obat-obatan. Biasa dalam ilmu ini dipelajari:
  1. Penelitian mengenai penyakit-penyakit
  2. Kemungkinan penyembuhan
  3. Penelitian obat-obat baru
  4. Penelitian efek samping obat-obatan dan atau teknologi baru terhadap beberapa penyakit berhubungan dengan perjalanan obat di dalam tubuh serta perlakuan tubuh terhadapnya.
Obat obat yang digunakan dalam terapi dapat dibagi dalam tiga golongan besar, sebagai berikut :
  1. Obat Farmakodinamis : Yang bekerja terhadap tuan rumah dengan jalan mempercepat atau memperlambat proses fisiologis atau fungsi biokimianya dalam tubuh, misalnya ; Hormon, diuretika, hipnotika, obat otonom.
  2. Obat Kemoterapeutis : Dapat membunuh parasit dan kuman dalam tuan rumah.hendaknya obat ini memiliki kegiatan farmakodinamika yang sekecil kecilnya terhadap organism tuan rumah dan memiliki efek sebesar besarnya terhadap sebanyak mungkin parasit.
  3. Obat Diagnostika : Merupakan obat pembantu untuk melakukan diagnosis (pengenalan penyakit), misalnya untuk mengenal penyakit pada lambung-usus digunakan barium sulfat.
sumber :


0 komentar:

Posting Komentar

Teman-teman yang baik hati,,
Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir diblog sederhana ini.
Blog ini saya buat untuk memudahkan sobat sekalian dalam mencari tugas.
Data yang dikumpulkan dari tugas-tugas kampus yang saya miliki juga meminta ijin men"COPAS" tulisan milik oranglain tentu dengan menyertakan sumbernya.
Saya harap kalian dapat meninggalkan pesan, komentar, kritik, saran atau beberapa patah kata guna menghargai blog ini.
Jangan lupa di follow yahh... ^^
Terimakasih ^^