Selasa, 06 Mei 2014

Penggunaan Kombinasi Obat, Amankah?

Assalamu'alaikum wr. wb.

Sobat blog reader, seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan obat bukanlah hal yang jarang ditemukan. Sebagian besar konsumen sudah menerapkan upaya pengobatan sendiri baik untuk penggunaan individu maupun untuk keluarganya. Pengetahuan tersebut mereka dapatkan dengan bebas melalui sesuatu yang kita sebut "internet". Namun ada hal yang kurang mereka pahami mengenai penggunaan obat secara bebas tanpa pengetahuan dan informasi yang tepat.
Terutama bagi penggunaan obat secara bersamaan atau yang kita tahu kombinasi obat. Upaya tersebut mungkin bertujuan baik, namun dengan sedikitnya informasi yang dimiliki akan berdampak buruk bagi pengguna obat. Penggunaan obat secara bersamaan dapat menimbulkan interaksi di dalam tubuh. Interaksi obat sendiri terbagi menjadi 3, yaitu: Interaksi Farmasetika, Interaksi Farmakokinetik dan Interaksi  Farmakodinamik.

Tentunya dengan kombinasi obat yang tepat dapat meningkatkan efektifitas dari obat tertentu sehingga hasil yang diharapkan dapat dicapai. Tapi tidak semua obat dapat dikombinasikan Terdapat obat-obatan tertentu yang tidak boleh dikombinasikan penggunaannya bersama dengan obat lain. Karena dapat merusak sasaran atau tujuan terapi, seperti : meningkatkan konsentrasi obat sehingga yang diperoleh bukanlah efek terapi melainkan efek toksik (keracunan); efek kerja obat menurun, sehingga pengobatan tidak efektif; peningkatan aksi obat berlebihan sehingga menimbulkan efek samping yang tak diinginkan dan masih banyak hal-hal lain yang tidak diinginkan dapat terjadi dengan penggunaan kombinasi obat yang salah.

Jika ada di antara para pembaca yang pernah atau ingin menggunakan obat-obatan yang dikombinasikan, sebaiknya ditanyakan lebih dahulu kepada tenaga kesehatan yang sesuai dibidangnya yaitu Apoteker. Baik mengenai tepat obatnya juga tepat dosis agar mencegah terjadinya medikal error yang berujung pada kegagalan tujuan terapi.

Semoga coretan singkat ini dapat memberikan sedikit informasi yang bermanfaat pada para sobat blog reader.. ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Teman-teman yang baik hati,,
Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir diblog sederhana ini.
Blog ini saya buat untuk memudahkan sobat sekalian dalam mencari tugas.
Data yang dikumpulkan dari tugas-tugas kampus yang saya miliki juga meminta ijin men"COPAS" tulisan milik oranglain tentu dengan menyertakan sumbernya.
Saya harap kalian dapat meninggalkan pesan, komentar, kritik, saran atau beberapa patah kata guna menghargai blog ini.
Jangan lupa di follow yahh... ^^
Terimakasih ^^