Kamis, 11 Juli 2013

ANOVA = ANAVA

Sebenarnya tujuan reposting saya ini, hanya sebagai penambah pengetahuan kepada teman-teman sekalian mengenai analisis statistika khususnya ANOVA. ANOVA sendiri berasal dari Analysis of Variances, dalam bahasa Indonesia uji ini dikenal/diterjemahkan sebagai ANAVA = Analisis Variansi. terserah teman-teman boleh pakai ANOVA atau ANAVAJujur saya sendiri sebelumnya mengalami kesulitan dalam menyusun TA saya, karena belum memahami hasil data yang satu ini. Dan alhamdulillah akhirnya saya menemukan satu blog bernama "catatan ringan", yang menjelaskan dengan singkat namun sangat mudah dipahami dengan bahasanya yang sederhana. Berikut isinya :

Hasil Uji Anava dengan SPSS:Membaca F tabel Anava (lihat Daftar I statistik)
v1 = dk pembanding (dk antar kelompok)
v1 = dk penyebut (dk dalam kelompok)
Contoh: tabel hasil uji anava AUC dengan SPSS (tabel paling atas), diperoleh dkantar kelompok(pembanding) = 4, dkdalam kelompok (penyebut) = 25, pada alfa=0.05 maka nilai F tabelnya adalah F0,05(4,25) = 2,76 (baca: Nilai F pada tingkat kepercayaan dengan 5 kelompok uji dan 30 partisipan partisipan adalah 2,76). Sedang F hitung = 8.082. Nilai Fhitung > Ftabel, 8,082 > 2,76. Maka H0 ditolak pada taraf nyata 0,05 (H1 diterima). Kesimpulannya, pada lima kelompok yang diuji memiliki perbedaan yang nyata (signifikan) dalam nilai AUC.
Namun, dimanakah letak perbedaannya?Anava hanya menunjukkan apakah terdapat perbedaan atau tidak dari kelompok yang diuji. Jika hasil uji menunjukkan adanya perbedaan rerata antar kelompok (H0 ditolak) maka untuk mengetahui dimana letak perbedaan rerata antar kelompok yang diuji harus dilakukan uji lanjutan (post hoc test).
Jika hasil uji Anava menunjukkan tidak ada perbedaan (H0 diterima) maka sebenarnya tidak perlu dilakukan uji lanjutan.

0 komentar:

Posting Komentar

Teman-teman yang baik hati,,
Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir diblog sederhana ini.
Blog ini saya buat untuk memudahkan sobat sekalian dalam mencari tugas.
Data yang dikumpulkan dari tugas-tugas kampus yang saya miliki juga meminta ijin men"COPAS" tulisan milik oranglain tentu dengan menyertakan sumbernya.
Saya harap kalian dapat meninggalkan pesan, komentar, kritik, saran atau beberapa patah kata guna menghargai blog ini.
Jangan lupa di follow yahh... ^^
Terimakasih ^^