Rabu, 23 Januari 2013

Petualangan Obat di Dalam Tubuh

Sobat blog reader,, ternyata obat yang kita telan mengalami petualangan seru di dalam tubuh kita. Mau tau petualangannya ? :k:

Sebenarnya, yang triiz maksud dengan petualangan obat di dalam tubuh di sini yaitu proses atau usaha obat yang kita makan saat sakit untuk menyembuhkan penyakit kita.. Sekarang udah tau ? Mau tau lebih banyak ? Wah pasti udah engga sabar ya dari tadi triiz kebanyakan basa-basi. :n: Maaf deh, sekarang triiz akan mengajak sobat blog reader mengikuti petualangan si obat di dalam tubuh.... 

Farmakokinetik

   Obat yang kita telan ternyata melakukan perjalanan panjang didalam tubuh kita. Ia mengalami perubahan bentuk. Menyusuri jalan-jalan pembuluh darah kita, diwaspadai oleh zat kekbalan tubuh. Bertempur melawan penyakit yang dikejarnya. Hingga akhirnya dilemahkan oleh hati. Dan berakhir menjadi kotoran. Petualangan obat didalam tubuh kita kali ini , dalam ilmu farmasi (obat – obatan) disebut farmakokinetik.


Rute Perjalanan
Mari kita lihat rute perjalanan obat. Ketika kita menelan obat, kita memasukan obat lewat kerongkongan ( esofagus ) kemudian obat akan masuk kedalam lambung (gaster). Di dalam lambung obat akan dihancurkan menjadi bagian-bagian halus. Proses ini disebut disintegrasi. Obat yang halus lalu larut dalam cairan lambung, proses ini disebut disolusi. Kemudian obat akan dikirim keusus halus.didalam usus halus inilah obat akan diserap. Lalu obat masuk kedalam pembuluh darah dan menuju pusat rasa sakit didalam tubuh. 

Tidak semua obat dapat dengan mudah larut didalam lambung. Sebagian obat yang tak larut didalam lambung akan dikirim ke usus besar dan di- buang bersama kotoran kita.




Diwaspadai tentara tubuh
 
Ketika ada benda asingmasuk ke tubuh kita. Zat kekebalan tubuh otomatis mewaspadai. Mereka akan segera mencari benda asing itu. Begitu juga dengan obat yang kita telan. Ketika perjalanan obat sudah sampai hati, mereka akan bertemu dengan tentara penjaga tubuh kita. Pertemuan mereka ini disebut metabolisme.


Dalam proses metabolisme ini zat racun obat akan dilumpuhkan oleh tentara tubuhsedangkan zat yang bermanfaat akan diolah sehingga berkhasiat sebagai obat. Zat obat yang dilumpuhkan akan dikirim ke saluran pembuangan tubuh. Sedangkan zat yang bermanfaat akan diedarkan keseluruh tubuh melalui pembuluh darah. 


Keterangan Gambar
1. Proses pemberian obat dapat dilakukan dengan cara oral (melalui mulut), topikal (dioleskan melalui kulit), inhalasi (melalui hidung), intramuskular (disuntikan ke otot), subkutan (disuntikkan ke bawah kulit ), dan intravena (disuntikan ke pembuluh darah). 

2. Distribusi zat obat diedarkan keseluruh tubuh melalui pembuluh darah.

3. Disintegrasi  proses hancurnya obat didalam lambung.
4. Proses metabolisme pertemuan antara zat obat dengan zat kekebalan tubuh. Disini zat racun dalam obat akan dilumpuhkan sedangkan zat obat yang bermanfaat akan diolah sehingga berhasiat sebagai obat.
5. Eksresi proses pembuangan zat obat yang tidak diserap oleh tubuh. Biasanya melalui kencing, keringat , kotoran. Air liur, atau air susu ibu.
Demikian tour singkat triiz hari ini.. :h:
Semoga bermanfaat yah sobat.. :l:

sumber :

8 komentar:

Alfiansyah mengatakan...

Bagus banget kayak super hero aja :a:
Btw dulu perjalanan obat juga pernah di filmkan dalam tokoh kartun, namanya Osmosis Jones sekitar tahun 2001, jadi pengen download ^^

triiztanti mengatakan...

hahah
iiyaa..
gambar animasinya lucu :c:
oia ??
ada pilm ttg prjalanan obat ??
triiz baru tau..
makasih infonyaaa.....

makasih juga sudah berkunjung... :b:

Unknown mengatakan...

Saya cukup terbantu dgn blog ini.terima kasih.

Unknown mengatakan...

Saya cukup terbantu dgn blog ini.terima kasih.

Unknown mengatakan...

terima kasih artikelnya. sangat bermanfaat. bahasanya tidek bertele-tele dan mudah dimengerti oleh orang awam

triiztanti mengatakan...

Iy sama-sama. Semoga bermanfaat.

triiztanti mengatakan...

Iy sama-sama. Semoga bermanfaat. ^^)v

triiztanti mengatakan...

Iy sama-sama. Semoga bermanfaat. ^^)v

Posting Komentar

Teman-teman yang baik hati,,
Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir diblog sederhana ini.
Blog ini saya buat untuk memudahkan sobat sekalian dalam mencari tugas.
Data yang dikumpulkan dari tugas-tugas kampus yang saya miliki juga meminta ijin men"COPAS" tulisan milik oranglain tentu dengan menyertakan sumbernya.
Saya harap kalian dapat meninggalkan pesan, komentar, kritik, saran atau beberapa patah kata guna menghargai blog ini.
Jangan lupa di follow yahh... ^^
Terimakasih ^^